Tuesday, December 11, 2018

Profil Puskesmas Sayung 1 Demak



Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan  pusat pengembangan kesehatan masyarakat, membina peran serta masyarakat, memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Oleh karena itu puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Puskesmas tersebar hampir di berbagai daerah biasanya selalu ada di setiap kecamatan dengan jangkauan luas daerah operasional yang sesuai.
Puskesmas menyelenggarakan upaya yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat.

Puskesmas Sayung 1 terletak di jalan Semarang-Demak Km 10, Purwosari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Secara administratif, Puskesmas Sayung 1 berada di wilayah Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis, Puskesmas Sayung 1 memiliki luas wilayah 29,5 km2 dengan batas-batasnya yaitu sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Puskesmas Sayung 2, sebelah Barat berbatasan dengan wilayah Kecamatan Genuk Kota Semarang, dan sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Puskesmas Karang Tengah.

Keadaan Wilayah
- Daratan rendah yang berupa rawa-rawa dan pinggir laut/ pantai
- Sebagian merupakan lautan
- Sebagian wilayah merupakan wilayah pengembangan perkotaan yang ramai, tetapi sebagian lainnya merupakan daerah pemukiman yang berkelompok.
- Aksessibilitas wilayah terjangkau karena puskesmas berada dipinggir jalan raya. 
- Puskesmas Sayung 1 yang terletak 06° 56 35° 8 LS, 110° 30 10° 8 BT terdiri dari sepuluh desa yang terletak di sebelah utara Kecamatan Sayung Jalan Raya Semarang Demak KM 10, antara lain Desa Sriwulan, Desa Bedono, Desa Purwosari, Desa Sidogemah, Desa Gemulak, Desa Timbulsloko, Desa Surodadi, Desa Tugu, Desa Sidorejo dan Desa Banjarsari
Fasilitas Pelayanan Puskesmas
a.  KIA & KB
b. Kesehatan Lingkungan
c. Pengobatan termasuk pelayanan daerah karena kecelakaan
d. Penyuluhan kesehatan masyarakat
e. Kesehatan Sekolah
f.  Kesehatan olahraga
g. Perawatan kesehatan masyarakat
h. Kesehatan kerja
i. Kesehatan gigi dan mulut
j. Laboratorium sederhana
k. Pencatatan dan pelaporan dalam rangka sistem informasi kesehatan
l.  Kesehatan lanjut usia
m. Pelaksanaan kegiatan pokok puskesmas diarahkan kepada keluarga sebagai satuan masyarakat terkecil
 

No comments:

Post a Comment

Perkenalan Dulu...

Sebelum memulai perkenalan kita, Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih karena telah berkunjung dan akan membaca tulisanku yang tidak...